Sabtu, 31 Januari 2015

Fujixerox AP C4430 Eror Setelah initialize IOT


 












Haiii   Tukang Service Foto Copy Mania...

Balik lagi bersama saya , bersama kasus-kasus mesin Foto Copy yang kadang menjengkelkan , kadang juga kacang-kacang.jangan lupa doakan saya agar terus berumur panjang, agar dapat selalu berbagi meski bagi sebaian orang tak berarti , Amin.....

baiklah, pada kesempatan kali ini, saya akan sharing mengenai Mesin Foto Copy Fujixerox ApeosPort C4430 atau dengan nama panggilan TURBOT dari jepang nya, dengan kerusakan sebagai berikut :

** Hasil Print Berbayang Putih

Penampakan















Berkat Sharing sana sini, liat-liat obrolan temen di Whatshup teknisi, Di dapatlan solusi dengan cara Registration Color dengan cara sbb:

1. Masuk ke login admin (password teknisi pasti tau), kemudian masuk ke menu Tools => maitenance =>Adjusment => Adjust Registration Color => Auto => tekan tombol start.

setelah di eksekusi eh eh eh... ternyata gagal.. penampakan sebagai berikut :



















dengan hati terluka, saya pun harus menganalisa ini mesin, karena seorang tukang service mesin foto copy harus punya keyakinan yang mantap, agar dapat memperbaiki mesin tanpa mengeluarkan part yang akan berdampak pada kerugian perusahaan, dengan itu mulai lah dengan hal sebagai berikut :

1. Bersihkan MOB Sensor, fungsinya untuk mengatur intensitas warna pada mesin foto Copy

Penampakan :














cara nya :

  • 1.keluarkan IBT Belt terlebih dahulu, kemudian bersihkan sensor di bawah IBT Belt tersebut  yang di tandai pada gambar di atas.
  • kemudian bershkan menggunakan tisu Halus pada sensor nya, atau gerakan tuas yang berada di tengah mundur dan maju. pastikan lensa sensor bersih agar dapat bertahan lama.
 setelah itu dengan hati yang sangat bersemangat saya pun langsung test kembali mesin tersebut.
 dan ternyata setelah registration color, masih eror :(

akhirnya saya putuskan untuk Initialize IOT ( Image Output Terminal ), untuk mengkonfigurasi ulang (reset) konfigurasi image yang di proses Printer (koreksi kalau salah), 

berikut cara initialize IOT :

  1. Masuk ke menu CE Mode (Tukang Service Foto Copy pasti tau)
  2. Masuk ke Menu Tools => Maintenance => Initialize => Initialize IOT => Start
  3. Setelah itu restart Printer anda
oke sampai disitu kita telah berhasil meng Initialize / Reset konfigurasi IOT , selanjutnya akan muncul beberapa Eror Code yang harus anda rubah settingan NVM nya yaitu sbb :
  1. Masuk CE Mode
  2. Masuk ke Menu Tools => Maintenance => NVM Write
  3. Masukan NVM : 742-553 = 0  (agar tidak eror paper jam)
  4. Masukan NVM : 742-554 = 0
  5. kemudian Maching Billing, Liat Serial di belakang Printer (bagi yang belum tau)
  6. Restart Printer Anda
oke sampai disitu silahkan test printer Fujixerox anda, maka anda akan Melihat hasil yang menakjubkan, yaitu printer anda akan bisa di geber habis2 an untuk print warna, dll

jujur aja saya memperbaiki mesin ini 4 Harian karena cerita untuk memperbaiki mesin ini pada waktu itu sangat panjang, sampai-sampai hampir menyangka MCU (Main Contol Unit) yang rusak. kaena bertanya sana sini semua menyangka ke Regi sensor dan MCU, sampai-sampai bos saya disini marah-marah kepada saya karena Cover printer pada saat saya bongkar belum saya tutup, karena di fikiran saya akan kembali lagi kesini untuk memperbaikinya, tapi apalah daya nama nya juga tukang foto copy jadi bahan emosi bos-bos ketika mereka lapar (^_^) , tapi semua itu tidak saya hiraukan karena saya sadar saya hanya tukang service yang harus mempunyai mental baja dan tahan banting dalam menghadapi semua masalah, karena pekerjaan saya adalah menyelesaikan masalah. dan berkat bantuan Allah yang maha kuasa saya pun di beri kemudahan dan petunjuk sehingga dapat memperbaiki mesin ini hingga selesai.

atas semua yang telah terjadi pada saya, saya pun mengambil Hikmah, bahwa "Allah akan membantu umat nya di saat umat nya Berdoa dan Berpasrah kepadanya" dan itu benar-benar terjadi pada saat itu. Alhamdulillah.

Demikian sharing dari saya, Semoga Bermanfaat. Amin.



6 komentar:

  1. Mantap ilmunya gan, bisa jadi referensi buat kelolah mesin apeos sendiri. Gan, apeos c5570 saya diganti toner tapi tetap minta toner baru, itu gimana gan? Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dispenser nya gan.. ama ganti isi developer baru.

      Hapus
  2. Master saya punya masalah pada mesi ducocentre v 5575
    1. Error 010-375 tapi setelah buka tutup cover pintu kurang lebih 10x mesim bisa redy lagi tapi kalau posisi mesim gak di pake eror 010-375
    2. Mesin tidak ada hasil (polos )saat copy
    Saya cek developer serbuknya berkurang, toner dari tabung tidak bisa turun padahal rumah toner dan tabung toner ok
    Mohon solusi...terimakasih

    BalasHapus
  3. Master mesin Apeosport-IV C3375 eror 061-398 ,loh udah dicek masih bagus,kiranya apanya y master?

    BalasHapus

silahkan berkomentar, bebas tapi sopan :)